Minggu, 25 Januari 2015

Pendidikan Terhadap Konsumen

Pendidikan Terhadap Konsumen
Pendidikan konsumen adalah suatu penerapan konsep pendidikan di dalam bidang berkonsumsi barang atau jasa. Konsep dasar pendidikan adalah suatu proses belajar menuju ke perubahan perilaku yang lebih positif, dewasa, bertanggung jawab dan bijaksana.
Tujuan Pendidikan Konsumen:
1. Meningkatkan pengetahuan,kesadaran dan ketrampilan dalam mengambil keputusan yang bijaksana dan bertanggung jawab dalam berkonsumsi barang atau jasa
2. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam pengaturan keuangan perorangan atau keluarga dalam berkonsumsi barang atau jasa.
3. Meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan ketrampilan dalam pemilihan barang  kebutuhan sehari-hari yang berkualitas.
4.Meningkatkan kesadaran  konsumen akan prilaku positif dan cinta tanah air. misalnya: budaya teliti, waspada, hemat, cermat, bersahaja, kritis, berkomunikasi yang  santun dan efektif. analitis, kreatif, inovatif, produktif , cinta dan mau mengembangkan produk dalam negeri.

Waspada Konsumen
1.             Kritis terhadap iklan dan promosi dan jangan mudah terbujuk;
2.             Teliti sebelum membeli;
3.             Biasakan belanja sesuai rencana;
4.             Memilih barang yang bermutu dan berstandar yang memenuhi aspek keamanan, keselamatan,kenyamanan dan kesehatan;
5.             Membeli sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan;
6.             Perhatikan label, keterangan barang dan masa kadaluarsa;
Manfaat Mempelajari Pendidikan Konsumen
1. Untuk diri sendiri
     Pendidikan Konsumen memberikan pengetahuan, keterampilan, arahan, dan bimbingan agar seseorang memiliki kebiasaan berkonsumsi barang atau jasa yang baik dan menjadi konsumen yang bijaksana, kritis dan bertangung jawab, terampil memecahkan masalah, menambah keterampilan hidup dan kehidupan, menjadi pembelanja yang smart, hati-hati dalam menggunakan sumber daya, terampil mengatur sumber keuangan  penganggaran biaya menabung/ investasi/ kredit yang penting, meningkatkan kepercayaan diri, mandiri, kreatif, inovatif, dan termotivasi untuk lebih produktif sehingga dapat memperbaiki kualitas hidup dan kehidupannya.
2. Untuk masyarakat
Pendidikan konsumen juga dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat pada umumnya, karena dengan memahami dan menerapkan pengetahuan menjadi konsumen yang bertanggung jawab dan bijaksana, sehingga   dapat mengurangi gangguan sosial misalnya: kurangnya toleransi dalam berkonsumsi barang atau jasa, dll.
3. Untuk produsen
Konsumen yang puas akan menjadi ajang promosi mouth to mouth yang sangat efektif, dan lebih dipercaya sehingga dapat membangun loyalitas terhadap suatu produk. Produk yang sudah dipercaya oleh konsumen kelanjutan produktifitasnya akan lebih terjamin.


Hak-hak Konsumen
Sesuai dengan Pasal 5 Undang-undang Perlindungan Konsumen, Hak-hak Konsumen adalah :
  1. Hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa;
  2. Hak untuk memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang dan/atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan;
  3. Hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa;
  4. Hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan;
  5. Hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut;
  6. Hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen;
  7. Hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif;
  8. Hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi/penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya;
  9. Hak-hak yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya.
Kewajiban Konsumen
Sesuai dengan Pasal 5 Undang-undang Perlindungan Konsumen, Kewajiban Konsumen adalah :
  1. Membaca atau mengikuti petunjuk informasi dan prosedur pemakaian atau pemanfaatan barang dan/atau jasa, demi keamanan dan keselamatan;
  2. Beritikad baik dalam melakukan transaksi pembelian barang dan/atau jasa;
  3. Membayar sesuai dengan nilai tukar yang disepakati;
  4. Mengikuti upaya penyelesaian hukum sengketa perlindungan konsumen secara patut
Nilai-nilai positif dalam pendidikan konsumen:
Banyak nilai-nilai kehidupan yang terkait dengan konsep pendidikan konsumen. Nilai dapat dipersepsikan sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata benda nilai diwakili oleh sejumlah kata benda abstrak seperti: keadilan, kejujuran, kebaikan, kebenaran, ketelitian, kewaspadaan, kecermatan, tanggung jawab, bijaksana,berusaha mencari informasi, sadar lingkungan, bertujuan/ berencana, berusaha/ produktif, menghargai nilai uang, bersahaja/sederhana, toleransi social, peduli lingkungan, dan mampu bersyukur pada Tuhan.

Karakteristik Konsumen
Mengenal karakteristik konsumen sangat perlu agar dapat menyadari serta menilai kebiasaan-kebiasaan yang baik dan yang buruk dalam berkonsumsi  sehingga dapat mempertimbangkan cara yang tepat dalam berkonsumsi barang atau jasa.
Karakteristik Konsumen Wanita
  1. Senang menawar
  2. Selektif terhadap barang
  3. Menyukai barang-barang yang bernuansa romantis
  4. ……  dst

Karakteristik Konsumen Pria
1.     Tidak suka menawar harga barang
2.     Lebih menyukai barang-barang yang memiliki fungsi nyata
3.     Lebih gampang
4.     ……… dst

Type-type Konsumen
Konsumen dilihat dari cara berkonsumsi:
       Individual consumers/ konsumen pribadi
       Institusional consumers/ konsumen perantara
       Konsumen Akhir  

Karakter Konsumen
Konsumen dilihat dari sifat berkonsumsinya:
a.     Comercial consumers
b.     Non Comercial/ social comersial
c.     Semi Social consumers

Konsumen dilihat dari tingkat pendapatannya
       Konsumen yang berpenghasilan rendah
       Konsumen yang berpenghasilan menengah
       Konsumen yang berpenghasilan tinggi





2 komentar:

  1. Vintage Metal Wedding Band for Men
    Vintage Metal Wedding Band ford fusion titanium for Men. Vintage Metal Wedding Band. titanium frames Vintage Metal Wedding Band. Vintage Metal Wedding Band. Vintage used ford edge titanium Metal Wedding Band. Vintage Metal titanium mug Wedding titanium white wheels Band. Vintage Metal

    BalasHapus
  2. What is the difference between casino games and slots?
    Slot games are 1xbet 먹튀 the poormansguidetocasinogambling most apr casino popular types of casino games, and the febcasino majority are slots. and ventureberg.com/ the most commonly played slot games.

    BalasHapus